Sabtu, 17 November 2012

Kelebihan & Kekurangan Kamera DSLR


Pada postingan sebelum nya saya sudah memberikan penjelasan tentang tips memilih antara kamera DSLR atau kamera kompak, maka di sini saya akan memberikan penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan kamera DSLR. Jika sobat belum membaca penjelasan tentang tips memilih antara kamera DSLR atau kamera kompak dan ingin membaca nya terlebih dahulu silahkan saja sobat lihat di sini.

Kelebihan Kamera DSLR

Kualitas Gambar
Karena sensor DSLR lebih besar, kualitas tangkapan nya cenderung lebih bagus dibanding dengan kamera kompak.

Fleksibel
DSLR bisa dengan mudah berganti lensa sesuai kebutuhan.

Kecepatan
DSLR lebih cepat dalam soal kecepatan rana (kecepatan menagkap gambar), start up, dan juga shutter lag (jeda antara waktu menekan tombol bidik hingga gambar tersimpan).

Viewfinder Optis
Dengan viewfinder optis, apa yang terlihat di jendela bidik akan sesuai dengan hasil yang ter-rekam.

Jangkauan ISO Lebar
Setting ISO (tingkat kepekaan sensor pada cahaya) memiliki jangkauan lebih luas, sehingga lebih fleksibel memotret di segala kondisi bahkan di tempat yang minim cahaya sekalipun.

Kontrol Manual
Meski pada beberapa kamera kompak telah dilengkapi setelan manual untuk memotret, namun jumlah dan fleksibilitas nya lebih beragam di DSLR.

Nilai
Kamera DSLR dipandang memiliki nilai leibih dari pada kamera kompak. Karena nya faktor “kadaluarsa” nya lebih panjang. Investasi pada lensa tidak akan basi karena bisa terus dipakai.

Ruang Ketajaman
Sering disebut depth of field. Dengan DSLR, ruang ketajaman obyek foto bisa diatur dengan leluasa. Dengan fitur ini sobat bisa membuat foto dengan objek yang tajam dan latar belakang buram.

Kualitas Optik
Kualitas lensa DSLR tentu saja lebih bagus dengan kamera saku. Selain itu, pilihan kualitasnya beragam, tergantung isi saku sobat.

Kekurangan Kamera DSLR

Harga
Kamera DSLR memang lebih mahal dari pada kamera saku. Namun sekarang sudah ada kamera DSLR kelas entry level yang harga nya lebih terjangkau.

Berbobot
Ukuran dimensi nya tentu saja lebih besar dibandingkan kamera kompak. Mengambil nya dari tas membutuhkan waktu beberapa saat.

Butuh Perawatan
Kamera ini cenderung butuh perawatan ekstra. Ketika sobat mengganti-ganti lensa, ada kemungkinan debu dan kototran masuk ke sensor, sehingga sobat harus rajin membersihkan nya agar kamera tidak cepat rusak.

Kompleks
Pengelolaan dan pengesettan kamera DSLR memang lebih komplek, karena dirancang untuk pemotretan manual. Namun kini banyak kamera DSLR baru yang menyertakan fasilitas tambahanuntuk pengelolaan yang mudah dan otomatis di dalam nya.

Membidik via Viewfinder
Kebanyakan kamera DSLR tidak menyediakan fasilitas LCD untuk membidik obyek, seperti pada kamera saku. Namun beberapa kini, sudah menyediakan fasilitas ini lewat feature Live View.
http://www.kamerakita.co.cc/2009/04/kelebihan-kekurangan-kamera-dslr.html

teknik dasar fotografi

HAL POKOK DALAM TEKNIK FOTOGRAFI
  1. pencahayaan
  2. aspek komposisi
  3. sudut pandang kamera
  4. kontras yang tajam
1.PENCAHAYAAN
Dalam teknik fotografi pencahayaan sangatlah penting. karena dalam fotografi object yang di ambil harus terkena cahaya agar dapat di ambil gambarnya. pada dasarnya object yang difoto oleh kamera adalah cahaya.   ada 4 macam pencahayaan
.
.
2.ASPEK KOMPOSISI
  1. komposisi merupakan susunan dari berbagai object dalam gambar sehingga kehadirannya dapat membangun ataupun mengacaukan sebuah gambar.
  2. komposisi merupakan perpaduan antara : posisi, proporsi, garis dll.
  3. komposisi harus selalu memperhatikan : bentuk, peletakan posisi object, diagonal yang dinamis, dan kesederhanaan.
.
.
3.SUDUT PANDANG
sudut pandang dalam teknik fotografi ataupun pengambilan gambar dirangkum menjadi 3 jenis, yaitu:
  1. bird eye view : sudut pada saat mengambilan gambar dari posisi atas object. sehingga menampilkan pola serta detail pada object yang sedang beraktifitas.
  2. frog eye view : sudut pada saat mengambilan gambar dari posisi bawah object. sehingga menampilkan kesan bahwa object  lebih besar.
  3. straight eye view : sudut pada saat mengambilan gambar lurus pada object. sehingga object yang terlihat lebih nature, apa adanya dan tanpa distorsi.
.
.
4 KONTRAS
       dalam teknik pengambilan gambar kontras sangatlah dibutuhkan karena kontras dapat menetukan perbedaan posisi object dan latar belakang. kontras akan membuat object terpisah dengan latar belakangnya.
foto yang diambila akan lebih kuat dengan object utama yang lebih menonjol dari latar belakangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar